kejadian malu2in gue: stuck in the tree wkwkwkwkk

Standar

Waktu kecil dulu, gue hobi manjat pohon, terutama poon cherry yang notabenenya punya tetangga. Dulu apa aja gue panjat, mulai dari genteng, poon sampe tembok, ecxept tiang listrik ya coz gue nggak gosong huehehehe…
Jadi ceritanya di rumah kaka gue ada poon gede. Gue kurang tau itu poon apa. Palem? Beda jauh. Beringin? Nggak juga. Kurma? Ngaco deh. Au ah itu poon apa yang penting judulnya ‘pohon’ tapi yang pasti itu bukan poon toge. Gue kurang tau soal jenis poon karena gue jarang banget pergi ke taman mini dan sebangsanya. Ngaruh kan? tapi akhirnya gue tau kalo poon ini adalah poon asem.
Sebenarnya kaka gue pindah juga udah lama dan gue dari awal ngeliat ini poon udah ngiler banget pengen naik, untuk mempertajam skill memanjat poon yang dulu gue praktekkan hehehe… dan dihari sial itu sedang mati lampu. Kaburlah gue ke rumah kakak gue yang jaraknya Cuma 100 jengkal(ngasal). Disana terasnya gede jadi mungkin enak duduk-duduk disana buat cari angin. Jadilah gue duduk bertiga sama kakak en ponakan gue yang bermain-main di dalam stoller.
Sambil mengobrol, gue meratiin itu pohon yang kelihatan menggiurkan banget untuk dipanjat. Entah kenapa itu pohon seakan-akan memanggil-manggil gue ‘ayo naik! Buruan!’ dan tololnya tertariklah gue. Gue tambah tertarik pengen kayak sepupu gue yang masih bocah karena dia pernah naik itu poon sampai ke atas banget. Dan gue menganggap itu keren.

Gue :Han, gue mau naek itu poon ah.
Hana : Gih, sana(cuek bebek)
Gue : (agak ragu) tapi ngeri ah.
Hana : katanya mao naek, gih.
Gue : Iya! Gue udah niat banget naek.

Kemudian gue mendekati itu poon dan berniat memanjat, tapi gak sampe. Berulang kali, tetep nggak bisa. Gue mulai takut-takutan naiknya, nggak kayak dulu. Dulu sih langsung aja kaki angkat dikit, nyampe deh. Mungkin karena gue kelamaan nggak naik poon kali ya. Dipikir-pikir iya juga. Dulu gue manjat pohon umur 8 taunan, dan sekarang gue 18 taun. Gue, memutar otak gimana caranya bisa naik ke atas. Dan gue menemukan ide cemerlang! NAIK KURSI! Ya ya ya… itu kursi gue ambil dan gue dengan mudahnya naik itu pohon. Hana sama Cila, ponakan gue ngeliatin aja dari bawah. Lompat dikit, dan HOP! Berhasil! Gue sungguh bahagia. Rasa bahagia karena naik poon sasa seperti gue dapet nilai seratus hohoho…
Biarpun gue nggak jauh dari permukaan tanah, kayaknya tinggi banget padahal dari bawah nggak keliatan tinggi. Cuek ah. Dengan bangganya, gue melambaikan tangan dari atas ke ponakan gue. Dia ketawa-ketawa aja sambil memperlihatkan gusi yang belom ditumbuhi gigi. Hana ketawa kecil.

Hana : Cila… liat tuh ada mahluk aneh nangkring dipohon!
Cila : wakwakwak (gak tau gimana bahasanya anak bayi ketawa, mungkin hikhikhik)
Gue : KURANG ASEM!

Baru sekitar lima menitan gue diatas, kok tangan gue gatel-gatel yah. Gue mikir, gue udah mandi kok. Terus apa yang salah? TERNYATA… BANYAK SEMUT DI POHON KURANG ASEM INI! Jelas reaksi gue tereak-tereak.

Gue : HAAAAAN!!!! ADA SEMUT!!! TANGAN GUE DIGIGIT!!!
Hana : Salah ndiri manjat poon (jawaban nggak mengenakan)
Gue : HAAAAAAN!!! GATEL BANGET NIH!
Cila : hikhikhik (ketawa mentertawakan prilaku ganjil aunty-nya, udah umur 18 tapi masih manjat poon)
Gue : HAAAAAAAAN!!!
Hana : Idih, yaudah sana turun!
Gue : (berniat mau turun, nengok ke bawah. Mata gue melotot)

Apakah gerangan yang terjadi? Ternyata KURSI YANG GUE PAKE BUAT MANJAT
TADI DIAMBIL SAMA SI NENEK LAMPIR DAN DITARO KEMBALI KE TEMPAT SEMULA! Gue
Tereak tambah histeris.

Gue : HAAAAAAAAAANNNNNNNNNNN!!!!!!!!!! LO NGAPAIIIIIN!!!
Hana : (ketawa puas)
Gue : HAN, SUMPAH YE, LO NGGAK BISA LOLOS PAS GUE UDAH TURUN!
Hana : Coba aja turun kalo bisa!(nantangin)

Wah, kurang asem ini orang. Hana ini sering banget ngerjain gue, mentang-mentang gue adeknya jadi bisa ditindas begitu aja. Seperti pas dia hamil, dia plus suaminya hobi banget ngerjain gue, mulai dari pas gue tidur digencet (kebayang kan beratnya ibu hamil itu kaya gimana?), makanan gue diembat, dan gue ditakut-takutin. Seperti:

Situasi: gue lagi tegang banget nunggu pengumuman UAN SMA.
Gue : Ba… yasmin takut banget nggak lulus nih. Perasaan hati jadi nggak menentu.
Aba : Mang kapan perasaan lo menentu? (mencibir)
Gue :Iiiih beneran ba, yaz takut banget. Was-was kan jadinya.
Aba : Mang kapan lo nggak was-was?(mencibir again)
Gue : Abaaa… anak ndiri lagi takut malah digituin.
Aba : (mungkin pusing gue repetin terus, jadi asal jawab) kalo yasmin ampe nggak lulus, aba bakar itu sekolahan!
Gue : ( excited) bener nih? Pake apaan?bom molotov? Bom yang sering dipake sama teroris?
Aba : Pake petasan.
Gue : ( Manyun)
Hana : Gue jadi agak ragu, min.(pasang tampang serius)
Gue : (mulai takut) ragu apaan?
Hana : Kok perasaan gue mngatakan kalo lo nggak lulus yah?
Gue : IIIIIIHHHHHH!!! RESE NIH!
Hana : (Ekspresi sok panik) iye min! entah kenapa gue agak ragu-ragu gitu. Kenape yah?
Gue : (Bibir khas gue muncul: monyong)
K’achin : Iya min! ka achin juga mikir gitu. Nggak kelihatan aura lulus dari muka yasmin.
Gue : IDIIIIIIH NAJONG!
Hana : (memperkuat statement suaminya) iye min! beneran!
Gue : YAAAAH JANGAN NGOMONG GITU DONG! GUE TAKUT! (gue ngomel, tapi abis itu ngelamun.Seandainya itu bener…)
Aba : Diboongin mau aja sih. Semakin yasmin panik, ini orang semakin demen.
Gue : (noleh ke pasutri itu, yang lagi senyum-senyum najong) KURANG ASEEEEM!!!
Pasutri : (Ngakak)
Gue : JAHAT BANGET! GUE LAGI PANIK JUGA!
Hana : Mau aja sih dibecandain! Gyahahahaha…
K’achin : (Tertawa penuh arti)
Gue : (dendam kusumat) beneran nih ya han, gue doain anak lo pas keluar dari dalem rambut berponi!
Hana : Ape?
Gue : IYA! Liat aja tar pas keluar udah ada poninya!

Dan ternyata smpah gue terbukti. Cila, ponakan gue yang cute seperti tantenya itu, pas keluar rambutnya ada yang nutupin dahi gitu, dan menurut gue itu adalah poni! Dan semestinya pasutri itu berterimakasih sama gue karena ponakanku yang lucu itu tambah cute dengan poninya. YEAAAAH! Jadi jangan macam-macam sama Yasmin!
Kembali lagi ke kejadian gue nyangkut di pohon, gue hanya bisa meratapi nasib duduk nangkring di atas pohon. Untung pas waktu itu lagi sepi jadi gue nggak malu. Tapi pas ada segeombol anak kecil lewat di depan rumah kakak gue, gue langsung pasang tampang pura-pura sibuk mau ambil buah, yang ternyata ini pohon emang nggak ada buahnya. Bodo amat deh.
Cukup lama gue nangkring diatas pohon. Mau turun tapi takut soalnya ketinggian. Si nenek lampir nggak memperdulikan gue. Dia sama Cila sibuk aja ngejek gue dari bawah. Cila sih nggak ngejek Cuma dia ketawa lebar terus, dan itu gue anggap sebagai penghinaan. Gue sibuk menepis semut-semut yang menjalar-jalar di tangan gue.

Gue : Han, balikin nggak kursinya. GUE MAU TURUN!
Hana : Yee…sori min permintaan lo nggak bisa gue kabulkan.
Gue : Idih, bener-bener ya Han, gue nggak mau kesini lagi!
Hana : Oooh kalo lo berani nggak kesini lagi, gue buang semua DVD Korea punya lo yang ada di rumah gue!
Gue : Kurang aseeeeem! Maennya ngancem! Curang!
Hana : Yaudah turun ndiri susah amat. Orang nggak tinggi juga.
Gue : Dari bawah sih pendek, kalo lo yang diatas sini sih tinggi, ORANG!
Hana : Yaudah, mau sampe kapan lo disitu? Ampe malem nih yaa.
Gue : NGGAKKKKK!!!
Hana : (ngakak, puas banget kayaknya melihat adiknya yang cute jerit-jeritan di atas pohon)
Gue :Yaudah, gue mau loncat aja!(mengumpulkan keberanian)
Hana : JANGAN! KALO LO JATOH TERUS PATAH TULANG GUE YANG DISALAHIN NANTI! (gantian dia yang jerit-jerit)
Gue : Iiih makanya balikin kursinyee!
Hana :Udah, lo duduk aja yang nyante disitu. Cila sedang butuh hiburan.
Gue : IYE! NGELIAT HIBURAN KAYAK DI KEBON BINATANG!
Hana : Gyahahahaha… lo yang ngomong ye.
Gue : (cemberut)
Cila : Hikhikhik (ketawa lagi)

Jadilah gue nangkring tanpa tujuan diatas. Sebenarnya gue tergoda untuk naik lebih jauh tapi gue urungkan. Gile, baru segini aja gue udah gemeteran. Sepertinya ini memang keterampilan manjat poon gue waktu kecil nggak bisa dipake lagi hiks… gue terus berdoa… Ya Allah…tolong selamatkan Yasmin dari sini…
Doa gue langsung diijabah oleh Allah. Gue ngeliat aba dateng dari jauh naek motor! Yuhuuu…. Langsung aja gue melambai-lambaikan tangan dengan hebohnya.

Gue : BAAAA!!! DISINI!!! (melambaikan tangan)
Aba : (masih mencerna siapa yang nangkring diatas poon)
Hana : (senyum-senyum najong)
Aba : (udah turun dari motor) ngapain yasmin disitu?
Gue : Baaa… selamatkan Yaz… kursi yang Yaz pake tadi diambil sama nenek lampir… Yaz gak bisa turun…
Aba : (malah ketawa) ampun… umur Yasmin itu berapa sih sekarang?!
Gue : Abaaaa… umur nggak jadi soal untuk saat ini… Tolongin Yaz dulu …hiks…

Akhirnya Aba gendong gue untuk turun kebawah. Biarpun ditolongin, tetep aja tangan sama kaki gue kebaret poon. Perih euy. Gimana ya kalo tadi gue main loncat-loncat aja? Tapi biarlah, yang penting gue selamat! Langsung itu nenek lampir gue kejer dengan penuh nafsu. Dianya malah lari-lari menyelamatkan diri sambil ketawa. Aba melihat kelakuan anak-anaknya yang nggak beda jauh sama anak SD main kejer-kejeran. Cila? Malah tepuk tangan. Duh, ini hari yang paling memalukan dalam hidup gue. Ditambah lagi kakak gue dengan leluasa nyeritain semua kejadian hari ini ke mama, adek, tante, sodara, nenek dan sebagainya.
Sapi goreng.

☺☺☺

6 responses »

  1. hwkwkwkkwkw
    ternyata yg punya kakak super jail g cm aq ya???hahahahaha

    mw bayangin yasmin nagkring di atas poon ahhh…ntar ajak hangeng bt nonton yasmin di atas poon sambil nyiapi popcorn…hahahhaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s