REALLY FUN WEEKEND @ KOREAN CURTURAL EXCHANGE FESTIVAL part 1

Standar

Annyeong… we meet again😀
Jadi gue dateng ke acara festival kebudayaan Korea di Jakarta, tepatnya di mal gandaria. Acaranya sih tanggal 17 oktober lalu tapi gue bikin tulisannya baru-baru ini. Hali ini dikarenakan gue yang males ngetik akhir-akhir ini dan lagi ga mood karena jerawat yang betah banget hinggap di muka gue yang bikin gue males ngaca arrrggghhh!!! *ngamuk*
Yup yup yup jadi hari minggu adalah hari yang gue tunggu-tunggu bagi gue dan mungkin semua orang, karena hari minggu adalah hari bebas kerja! Hari libur gituu…hahahaha(ketawa gaje) dan hari minggu ini gue pergi ke acara yang amat sangat menyenangkan, yaitu pergi ke korean curtural exchange festival! Yuhuuuu…. Tujuan festival ini untuk mempererat kerjasama dan persaudaraan antara korea dengan indonesia. Korea emang lagi happening banget di indonesia setelah beberapa tahun yang lalu yang lagi happening banget itu film bollywood(kuchu-kuch hota hei, mohabbatein, kabi kushi kabi gham, dst) dan telenovela(kayak MARIA MERCEDES, MARIMAR…AWWW*kayak ciri khasnya marimar tuh, mirip kan? apalagi tampang gue yang mirip banget sama si marimar itu…ngarepppppp*, PAULA N PAULINA, ESMERALDA, jiaaaah banyak deh). Gue kayaknya emang suka sama yang lagi happening2 gitu. Kayak dulu demam india merajalela dan meluluhlantakkan seisi daerah*emangnya tsunami???* jamannya gue SD n gue suka banget sama si anjani n tina di kuch kuch hota hei. Zaman berubah, pas gue gedean dikit gue suka nonton marimar karena si FERNANDO JOSE yang OMG gimanaaa gitu *langsung ganjen* gue sampe apal sama soundtrack2nya itu telenovela. Gue rela pulang skul cpet2 buat nonton telenovela. Gue SD persis kaya ibu-ibu yang rela masakannya gosong daripada telat nontonin telenovela. Lain lagi sama drama taiwan yg happening, yaitu METEOR GARDEN. Gue demen banget sama TAO MING TSE dulu n gue selalu nyama-nyamain diri sama sanchai wkwkkwkwk. Sekarang juga lagi happening banget tuh, KEONG RACUN!*apa nyambungnya keong racun sama semua hal diatas??* N gue suka juga sih sama liriknya gyahahaha…
Berhubung saat ini yang lagi happening adalah KOREA, karena itu gue saaaaaaaaangat menyukai drama korea*sambil mengsong-mengsongin bibir ala ayu dewi* karena itu gue sangat hepi karena oh karena finally ada juga festival kebudayaan korea!!! Yuuuuhuuu…*ala tarzan* selama ini yang rajin nongol Cuma festival kebudayaan jepang aja. Kalo mau liat kebudayaan cina tinggal tunggu imlek aja. Kalo korea kan jarang2 n g pernah malah n gue ga mau menyia-nyiakan kesempatan ini seumur hidup!!!!*semangat pejuang kemerdekaan* gue yang dapet informasinya dari suatu situs informasi hiburan korea langsung bergerilya ngajakin anak-anak yang gila korea juga untuk pergi kesana, ga lupa ngajak neng anggi yang sama gilanya sama gue untuk ikut serta.
Hari H, kita semua berangkat naik metro mini, angkutan yang paling syubidambidam sedunia. Semuanya sih pada ga tau itu mal gandaria, tempat festival budaya korea ini itu dimana. Berkat petunjuk, kita turun di mayestik n nanya-nanya jalan sama pengamen2 disitu, dan kita naik metro mini lagi. Di dalem metro yang kedua, si abang kenek teriak2 gitu.

Kenek : GANDARIA! GANDARIA!
Gue : (celingak-celinguk) bang beneran nih gandaria?
Kenek : iya neng!
Gue : ah boong ah si abang (gue masi ga yakin, padahal jelas2 terpampang tulisan segede gaban di mal itu GANDARI CITY. Apa gue yang lemot?)
Kenek : (dari mukanya kayaknya pegel dia) beneran ini neng, ini MOL GANDARIA!
Gue :iiiih iye bang. Kita turun disini.

Akhirnya kita turun, tapi gue tetep ga yakin kalo disni tempatnya. Abisan simpang siur, ada yang bilang festival ini di senayan ato di ritz carlton *hotel punya gue gitu deh… jadi nama panjang gue itu JASMINE CARLTON gyahahaha… emangnya paris hilton???* gue nanya lagi ke sang satpam dan beneran emang ada festival korea disni. Wuidii gue langsung hepi hehehe… n hepi juga karena menemukan tempat hangout yang asik, tinggal meratiin dlu banyak ga cowo2 cakep disini, kalo iya ya bagus deh gyahahaha… dasar ganjen.
Keliling-keliling sebentar, mencari tempat yang dimaksud dan gue menemukan tempat pameran keramik. Sangking hepinya gue sampe pelukan sama anggi *lebay*. Beneran deh disana kita serasa kritikus seni sambil ngomentarin keramik-keramik keren yang dipajang disana padahal sih kita ga ngerti apa-apa soal kemarik hahaha… ditempat itu juga ada seorang adjussi pembuat keramik. Dengan tehnik yang keren dan pembuatan keramik yang rumit si adjussi terus-terusan memutar cakramnya. Gue serasa lagi ngeliat kim bum yang lagi bikin keramik dalam BBF, tapi sayangnya adjussi ini ga mirip kim bum hahaha… dia juga make anduk kecil di kepalanya, korea banget deh.

Orang-orang ngantri buat diajarin keramik sama si adjussi. Gue sih ogah ngantri, tapi nyerobot juga ga boleh jadi gue ngeliatin aja hahaha… si adjussi dengan cekatan ngajarin cewek-cewek yang rata-rata anak remaja itu muterin tanah liatnya. Gue malah meratiin matanya si adjussi yang emang ga ada kelopaknya, hahaha kurang kerjaan banget ya. Tapi kulitnya putih banget bikin sirik. Gue mandi susu tiap hari juga ga bakalan seputih dia.
Ga lama si adjussi kaya nyari sesuatu gitu, terus dia manggil-manggil adjussi yang lain. Gue dengerin dengan seksama percakapan mereka.
Adjussi 1: Chusuamnida, …………..(baca: bla bla bla) odissoeyo? (gue lupa dia ngomong apa)
Adjussi 2: Ye, chamkamannyo (terus adjussi 2 pergi entah kemana)
Gue : (bisik-bisik ke Anggi) neng, gue ngerti tuh dia ngomong apaan.
Anggi : Emang dia ngomong apaan?
Gu : Dia minta tanah liat neng. Pasti bener! (yakin jaya)
Anggi : Yang bener?
Ga lama adjussi 2 dateng sambil ngegotong segepok tanah liat. Langsung deh hidung gue kembang kempis karena bangga *hiperbola* huahahahaahaha….si neng mah nyengir-nyengir doang.
Bosen ngeliat-ngeliat kita turun ke bawah yang ternyata ada acara juga dibawah. Ini dia acara utamanya, yaitu taste of korean food. Ada lomba ngebuat kimchi buat ibu-ibu. Langsung deh gue heboh, niat mau nyicipin hahaha… disitu juga ada stand dokbokki tapi gue ga beli hehehe…ada juga stand yang jual buah anggur dari korea. Gue langsung ngambil satu soalnya gratis sih😀 SPGnya mbak-mbak bermata sipit, mirip cewek-cewek korea. Dia make hanbok yang lucu banget, bikin sirik. Herannya cewek-cewek pada minta foto bareng dia kayak itu cewek artis korea aja. Padahal dia orang indonesia.
Mbak-mbak itu ngasih instruksi kalo kulit anggurnya jangan dimakan tapi dimakan bagian isinya aja yang teksturnya kayak jelly. Beneran, enak banget. Tapi karena gue bandel gue makan kulit-kulitnya juga. Apa yang terjadi? Gue sakit perut wkwkwkwk… g tau kenapa abis itu gue mules-mules, bukan mules mau pup ye😀
Ga lama MC-nya mengumumkan kalo lomba bikin kimchinya bakal dimulai. Gue malah amazing sama make-up mbak-mbak Mcnya. Hanbok yang dia pake sih lucu, warna pink gitu. Tapi make-upnya itu loh…menorrr hehehe… eyeshadow sama lipstiknya merah, apalagi pipinya kaya abis ditonjok emak-emak PKK*ga nyambung*. Kalo istilahnya Anggi, muka si Mcnya itu MERAH MEREKAH wkwkwkwkk…
Ngebikin kimchinya pun dimulai. Ternyata gampang sih bahan-bahannya juga gampang dicari tapi nyimpennya itu loh mesti 7 jam baru bisa dimakan. Translator bahasa koreanya *karena yang ngajarin bikin kimchinya itu ajumma dari korea* kimchi bahkan bisa bertahan sampe 1 tahun kalo disimpen di kulkas. Karena ada 4 musim di korea n belum tentu makanan selalu tersedia di setiap musimnya makanya orang korea wajib makan makanan yang long lasting kaya kimchi ini. Bahkan setiap makan kimchi itu wajib dihidangkan di meja makan. Orang korea ternyata demen sama makanan yang difermentasikan. Gue makin penasaran sama rasanya.
Karena kelamaan makanya gue sama neng anggi ngedeketin panggung karena katanya bakal ada demo taekwondo asli dari korea. Tiba-tiba dari lantai atas ada sekelompok orang korea berbaju biru sambil bawa alat musik tradisional turun ke bawah. Di bawah mereka ngebentuk putaran gitu, mainin alat musik sambil muter-muter. Kalo ga salah ini prtunjukkan salmunori, pertunjukan musik tradisional korea.
Keliatannya sih se-grup ini keluarga semua deh, ada haraboji, halmoni, adjumma, adjussi, sampe ada anak kecil yang chubby+lucu banget ikutan muter-muter. Pertunjukkan yang menarik sih biarpun lama banget. Pas lagunya udah mau abis eh ternyata belom selesai. Masih aja muter-muter. Mereka malah semangat banget, mengumbar senyum sampe bibirnya kering kali ya, abis nyengir mulu hahaha… Stamina halmoni n harabojinya hebat banget. Mereka ga keliatan kecapean, padahal alat musik yang mirip drum itu keliatannya berat. Makanya makan sayur biar kuat! *ga nyambung*
Abis muter-muter ternyata belom selesai. Mereka ke panggung mini n mainin musik yang lain lagi tapi kali ini sambil duduk, tapi masih aja nyengir. Hebat bener *kagum*. Sementara mereka masih main musik, ada keributan di tempat membuat kimchi. Ternyata disana lagi dibagiin kimchi gratis! Ngeliat yang gratis-gratis langsung deh gue ikutan menyerbu *senyum-senyum najong* gue dikasih tusuk gigi, terus langsung deh gue tusuk satu potongan besar sawi putihnya dan gue masukkin mulut. HAP. Muka gue langsung bertransformasi menjadi Yuri SNSD*ngarep*. Ga deh, muka gue masih sama Cuma raut muka gue yang berubah. Rasanya aneh, kecut, asin, pedes campur jadi satu. Rasanya susah digambarkan dengan kata-kata. Mungkin karena difermentasiin kali ya makanya rasanya rada aneh. Tapi bukan gue kalo Cuma nyicipin dikit. Ambil lagi dong huahahahaha… jarang-jarang kan gue makan kimchi.
Habis itu ada keributan lagi, ternyata lagi bagi-bagi kimchi gratis. Yang ngebagiin seorang adjumma. Kimchinya sih Cuma sedikit, dimasukkin dalam plastik kecil. Tapi orang hebohnya minta ampun, kayak lagi dibagiin sembako gitu. Karena gratisan ya ga bisa nolak dong gyahahahaha.. tapi ternyata gue GA DAPET. Hiks… tp gapapa juga sih, yang doyan kimchi dirumah tuh Cuma bokap gue. Mama gue sih udah kebayang ga bakal doyan.
Abis icip-icip, kita balik lagi ke posisi semula, abis kata mbak2 MC yang menor itu demo taekwondo bakal dimulai. Sebelumnya mereka rehearsal dulu sih. Para atlitnya yang emang didatengin dari korea nongol dari belakang panggung. Yang cewek Cuma ada dua, yang cowok banyak, mungkin ada 10 orang. Mereka kompakkan pake baju putih-putih. Muka-muka mereka mirip semua, gue ga bisa bedain yang pasti ada 1 orang yang cute banget mirip sama boyband korea hahaha… kalo yang cewek-cewek gue naksir poninya, keren. Rambut mereka juga lurus n rapi, bikin sirik😀
Mereka ngedengerin instruksi dari pelatihnya dengan serius, habis itu ke belakang panggung lagi. Si MC naik ke atas panggung, mau bagi-bagi hadiah. Langsung deh gue semangat 45 hahaha… pertanyaannya sih gampang-gampang, kayak apa bahasa koreanya halo, apa nama acara hari ini, apa bahasa koreanya gingseng, makanan apa yang didemokan hari ini, apa bahasa koreanya terima kasih, de el el. Gue yang nunjuk tangan dari pertanyaan pertama ga pernah dipilih-pilih sama si MC, tapi gue ga pantang menyerah! Berhubung kimchi gratisan ga gue dapetin, hadiah kali ini harus gue dapetin! Aza-aza fighting!!!
Akhirnya perjuangan gue terbayar *cieeee bahasa gueee* si MC ngasi pertanyaan : apa bahasa koreanya maaf. Seorang cewek nunjuk tangan n naik ke atas panggung. Dia jawab :Mianhae. Eh penonton bilang salah, padahal kan bener ya wkkwkwk langsung deh gue tunjuk tangan. Si MC narik tangan gue ke atas panggung dan gue jawab: mianhamnida. Dan.. benaaar horeee… *persis anak TK* dan gue dapet goodie bag yang ukurannya besar, beda sama pemenang-pemenang kuis yang lain. Gue turun dengan bangga, melangkah layaknya miss universe gyahahahahahaha… langsung gue intip isi goodie bagnya yang ternyata isinya adalah satu buku korean tour guide, satu bungkus nori/rumput laut, satu kotak lemon tea, satu kotak teh tarik dan satu bungkus gede teh gingseng korea, sama satu paket wisata ke korea 3 hari 2 malam*pengennya sih gitu wkwkwkwk*.
Terus ada lagi kejadian2 yang lucu disana, tapi ada di part 2 ya wkwkwkwk gaya banget deh ada part 2-nya. Gue bagi dua supaya dibacanya ga kepanjangan n ga ribet karena itu gue pisah deh, hehehe… sebenarnya sih gue paling pusing kalo ngebaca susuatu yang lebih dari 5 halaman di layar komputer hahaha… chusuamnida *bow*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s