Jepang sama aceh, mana yang lebih parah?

Standar

Dunia kembali berduka…tsunami kali ini mampir ke jepang setelah taun 2004 mampir ke aceh *ini bencana apa tamu, sih?* pastinya kita udah ngeliat banget di TV karena akhir-akhir ini dunia lagi ngelirik ke Jepang. Bisa diliat di twitter, #Prayforjapan jadi trending topic sekarang. Yang gue langsung pikirin: SHUN OGURI sama TAMAKI HIROSHI, dua aktor jepang paporit gue itu ga kenapa-kenapa kan? Hhe J
Kaget sih nggak terlalu ya, karena gue tau kalo jepang emang hampir setiap harinya pasti goyang ngebor, dan gue pikir 8,9 SR itu biasa aja, ternyata nggak pas gue ngeliat langsung rekaman video amatir di TV, Gileee…. serem amat ya, kapal sampe ke daratan, rumah banyak yang ancur, mobil berenang masal. Mirip sama mobil-mobilan adek gue yang sengaja dicemplungin sama dia ke bak mandi, ya kayak gitu deh. Mobil-mobil mahal jadi kayak mainan aja. Tapi yang paling nyeremin itu pas gue ngeliat video amatir orang yang ngerekam gedung tinggi di Jepang yang lagi goyang-goyang karena gempa itu, en itu SEREM BANGET! Huhuhu gue heboh ngeliat itu gedung goyang kanan goyang kiri gitu. Karena orang jpang ya canggih-canggih otaknya ya ga ancur itu gedung.
Hebatnya, orang jepang yang lagi melintas di jembatan terlihat amat santai padahal DIKANAN KIRI mereka itu air lagi ganas-ganasnya. Itu yang kelihatan di TV tapi pastinya mereka panik banget sebenarnya. Gue melotot ke TV dengan tatapan amazing. Eh, tapi kebocoran nuklir itu bikin takut juga untungnya udah terkendali sekarang.
Orang jepang memang disiplin, terlatih dan teratur kalau ada bencana kayak gini, dan itu keren banget. Jepang emang negara maju. Mereka udah antisipasi duluan sebelumnya. Makanya mereka nyantai banget begitu, anak-anak mudanya yang tertangkap kamera dan disiarkan di seluruh dunia juga tetep berpenampilan harajuku yang keren. Bokap-bokap baca koran dengan nyantainya. Sungguh spektakuler.

Mari bandingkan dengan TSUNAMI ACEH THN. 2004:

PEMANDANGAN DI TV
ACEH: semua orang berlarian kesana kemari pas udah terjadi gempa besar dan sibuk menyelamatkan diri baik yang jalan kaki n naik motor. Ada juga yang berlarian mencari kerabat mereka yang hilang. Pemandangan orang-orang yang terbawa arus tsunami dan orang-orang yang menangis pilu di TV ngebikin gue ga tega.
JEPANG: orang-orang yang dapet pemberitahuan sebelumnya terlihat nyantai sekali dengan berjalan santai diatas atap gedung dan di jembatan. Bahkan nggak terlihat pemandangan memilukan kayak pas di aceh.

2. BANTUAN DAN SEBAGAINYA
ACEH: mereka butuh bantuan tenda, makanan, pakaian, obat, tikar, kasur, dan sebagainya.
JEPANG: mereka Cuma butuh sleeping bag karena yang lain-lainnya sudah sigap dilayanin sama pemerintah.

3. PENYALURAN BANTUAN
ACEH: biarpun bantuan dateng dari mana-mana dan banyak banget, ga merata terjamah sama semua penngungsi karena tahap pemberian bantuannya itu ribet banget. Dari sini, kesini terus kesini baru deh nyampe. Makanya ditilep deh. Pengungsi Cuma makan sekalis ehari waktu itu.
JEPANG: ga ribet2. pemerintah udah nyapin makanan yang langsung dikasih ke pengungsi. Beres, res res…

4. KEADAAN SETELAHNYA
ACEH: ada yang nggak jelas juntrungannya. Pengungsi yang kena musibah taun 2004 itu masih ada yang tidur di tenda UNTIL NOW. Udah 7 taun gituuu…
JEPANG: belum tau, jepang memang rugi bandar banget karena bencana ini. Tapi 45 negara siap membantu, apalagi presiden Obama siap bantuin pasca pemulihan bencana tsunami ini.

See, ini buktinya Jepang sama Indonesia itu beda jauh banget. Aceh bener-bener menyayat sembilu waktu itu tapi ngeliat berita jepang biasa aja. Yang menyayat hati itu para keluarga yang takut anggota keluarga mereka yang tinggal di jepang ikut menjadi korban. Itu yang bikin sedih L. karena perberitaan tsunami jepang yang santer dimana-mana ini pula berita banjir bandang di aceh yang ngebikin ratusan rumah ancur kalah membumbung di TV.
So, which one is the worst tragedy? Japan or Aceh?
Hopefully this tragedy won’t be happen again, in every country, in the whole world. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s