What is ‘beautiful’ word means?

Standar

Haduh… gue lagi not delicious body nih sodara2, radang tenggorokan gue kumat lagi. Dalam setahun pasti tiga-empat kali gue kena ini penyakit dari jaman gue SD huhuhu… makan susah, minum susah, nelen ludah aja susah *cry* ngomong juga susah, makanya keluarga pada maklum kalo gue yang meracau terus tiba-tiba jadi pendiam *curhat colongan nih jadinya*.
Jadi, gue baca majalah ALIA bulan Juli thn 2008 yang mamah pinjem dari tukang jait langganan dan gue menemukan artikel yang bagus banget, yang membuat hati gue yang selama ini ga banget menjadi tergugah *tsaaaah*. Edisi majalah itu ber-issue-kan : COMPLETE BEAUTY- MERAIH KECANTIKAN SEMPURNA. Isinya membahas macam2 issue.
Definisi cantik secara universal *menurut yang majalah ALIA tangkap*: kulit putih susu, rambut panjang indah, hidung mancung, pinggang kecil, jangkung langsing, dsb. Ini sih gue bangeeet #PLAKK. Ternyata tipe kayak begitu bukan dari zaman dulu. Ini kenyataan perempuan dianggap cantik dari zaman n tempat bersangkutan:

– abad pertengahan di Eropa: wanita baru cantik kalo punya badan mirip gitar spanyol yang dianggap subur n mampu melahirkan banyak keturunan *badan kaya gue gitu #ditaboklagi *
– abad ke-19 di barat: wanita baru dibilang cantik kalo bertubuh montok, terutama di bagian pinggul. Cewek2 langsing jaman dulu sih ga bakal dilirik biarpun kulit putih idung mancung *ksian amat ya wkwkwk*
– salah satu negara di afrika: perempuan cantik itu yang sangat gemuk, karena dianggap makmur n punya banyak keturunan *wow*
– abad ke-20 di cina: perempuan cantik itu kalo punya kaki yang keciiiil sekecil kuntum teratai. Makanya banyak orang tua yang mematahkan jari kaki anak perempuan lalu mengikatnya kuat2 selama bertahun2 *gile ajeee sakit gila kan, untuk berjalan pun mereka butuh tongkat*
– Sebuah suku di afrika: perempuan baru cantik kalo lehernya panjang. Makanya dari kecil lehernya dipasangin kalung kayu n logam tebah biar bisa panjang. *Duh ngeri amat… gue pernah ngeliat di tv n itu serem banget*
– Suku dayak: cewek baru cantik kalo punya kuping panjang makanya dipaksa memakai anting sebanyak mungkin jadi daun telinganya doer *oemji*

Tapi tren cewek cantik itu cewek yang kurus itu ketika muncul TWIGGY, fotomodel inggris yang bertubuh kurus n bermata besar plus berbulumata panjang. Ini masih berlaku sampai sekarang, makanya muncul tuh teknologi yaitu bulu mata palsu wkwkwk. Demi punya badan kurus n kulit putih, banyak banget cewek diseluruh dunia yang berlomba-lomba untuk bisa kayak begitu, sampai suntik putih n diet ketat. Banyak juga yang kemakan iklan produk kecantikan di TV, demi badan bagus n kulit putih padahal belom tentu ada hasilnya *kayak gue gyahahahaha*. Berusaha untuk putih tapi emang dasaran warna kulit gue itu kuning langsat ya mana bisa putih. Kuning langsat kan warna eksotis n asia banget booooo hahaha…
Hmmm… rasanya emang sirik banget kalo ngeliat cewek-cewek yang nongol di tv. Kayak gue, yang selalu sirik sama DIAN SASTRO di iklan LOREAL, JULIE ESTELLE di iklan SUNSILK, atau JESSICA ALBA di iklan REVLON. Rasanya dunia nggak adil. Kenapa mereka diciptakan seakan-akan yang di atas memahat khusus muka mereka sedangkan gue JERAWATAN hiks… beneran loh, gue envy berat. Bukan gue aja kayaknya, percaya deh. PASTI setiap cewek PERNAH MENGELUH soal fisik mereka. Ayo ngakuuu! *nodong pistol*.
Seperti gue. Setiap gue ngaca, pasti munculnya itu keluhan. Duuuh kenapa jerawat gue banyak bangeeeet! Or kenapa kaki dan tangan gue buluaaaaan! Or kenapa idung gue mancung tapi gede didepaaaaaaan! Gue paling desperate banget sama jerawat terutama. Kaka n ade gue, mukanya mulus semua. Second, idung gue yang mancung tapi gede didepan. Kaka n ade gue berhidung cukup runcing n mancung. Kalo buluan sih kita punya semua, namanya juga dari faktor turunan huehehehe…
Karena kekurangan gue itulah, I felt like a B list sister. Yaah kaka n ade gue A list sister-nya. Kaka gue tampang arabnya cukup kental, ade gue lebih keliatan muka bulenya daripada arabnya, dan gue dibilang malah cenderung ke melayu. Heeeei gue mana suka dibilang muka melayu, masa gue dibilang mirip2 malaysia gitu. Ogaahhhh…muka gue tuh muka spanyol #ditaboklagidanlagi
Banyak orang, bahkan dari temen-temen gue yang bilang kalo diantara kita bertiga, cewek semua, yang paling jelek itu gue. Mereka lebih gimana lah, begini lah, dan bla-bla-bla. Setiap ada yang ngomong gitu, gue pasti kecil hati dan mikir, kok gue yang paling jelek yah? Muka gue juga dibilang ga mirip mama n aba. Apa jangan2 sebenarnya gue itu anak keluarga BAKRIE or keluarganya AGUNG PODOMORO? #khayalansuperngacohuahahaha. Dibilang gitu dari banyak orang pasti sedih banget lah, makanya kalo temen gue komen, gue bilang “iya, emang gue yang paling jelek tapi gue yang paling fotogenik” preeeet *iih kentut sembarangan* fotogenik sih mungkin iya, tapi aslinya jerawatnya itu boo wkkwkwk *malah ngatain diri sendiri*. Pernah waktu gue ganti PP di FB, ada beberapa cowok yang langsung komen gue cantik dsb. Melly, adek gue langsung cemberut, dia bilang “ga tau aja itu cowok2, dari foto sih cantik, tapi aslinya jerawatan” langsung deh melly gue timpuk pake baru bata wkwkwkwk *sadis*
Gara-gara itu, krisis pd gue tambah besar. Selain suka bete sama muka, ke-bete-an gue merambat kemana-mana. Gue ngerasa kurang tinggi, badan kekurusan tapi paha gede n perut ga rata. Penyakit cewek = krisis pede. Gue yang tingginya 161 dan berat 45. orang bilang cukup ideal, tapi apa gue pede? Boro-boro. Banyak yang bilang gue kekurusan sampai2 temen cowok SMA gue bilang gini : “lo itu cakep min, tapi coba aja lo GEMUKKAN dikit. Gue naksir deh sama lo” daaaaan… gue down, krena gue mikir kalo itu kan dari sudut pandang cowok, berarti dengan badan kurus cowok2 nggak akan ada yang suka sama gue dong?
Di siru mulai deh gue berusaha naikkin berat badan, tapi BORO-BORO. Susaaaaaaah…naik 1 kg aja gue uda sujud syukur😄. Paha gue yang menurut gue gede, padahal banyak yang bilang kalo paha gue normal. Perut yang rada gede, menurut orang-orang rata2 aja. Sampe pinggang gue yang ramping, tetep gue komenin padahal uda dikasi kelebihan ramping. Belom lagi keluhan gue masalah bulu di tangan n kaki, haduuuuh. Gue nggak sadar, kalo banyak yang bilang kalo badan kaya gue itu enak karena bisa nyobain berbagai jenis baju karena hati gue dipenuhin sama ke-bete-an sama fisik gue.
Tapi, pikiran gue berubah ketika aba bilang, kalo setiap orang itu berbeda. Okelah kalo fisik gue kurang dari kakak adek gue tapi gue juga punya kelebihan yang gue nggak tau tapi orang lain yang bisa menilai, begitu kata aba gue. pikiran gue agak terbuka, kalo bego banget kalo gue menghina ciptaan ALLAH. Badan kita, ya itu yang terbaik yang ALLAH kasih ke kita. Cewek-cewek berfisik barbie itu Cuma kelebihan yang ALLAH berikan ke mereka, sementara kita yang berfisik kurang ALLAH kasih kelebihan di bidang yang lain. ALLAH itu maha adil, dan itu yang nggak gue fikir selama ini. Mestinya kita bersyukur, karena banyak yang fisiknya lenih parah daripada kita.
Keluhan gue selama ini dan pemikiran gue sekarang:
Muka jerawatan: cari usaha biar ga jerawatan, jangan nyalahin diri terus. Idung bulet: kata orang2, idung bulet itu hoki jadi cuek aja ahhh. Gigi depan agak gede/kelinci: hoki juga wkwkwk. Bulu tangan n kaki: justru kata orang2 buluan itu sexy. Badan kurus: badan supermodel gituuu yiihaaa wkwkwk banyak banget cewek yang gemuk pengen kurus. Gue udah dikasi kelebihan itu tapi ga nyadar. Leher panjang *pas SMP gue sering dikatain SOANG karena leher gue*: leher supermodel gito lohhh #muncrat.
See? Bersyukur itu menjauhkan pikiran2 negatif. Bener loh, setiap gue bersyukur, pikiran negatif gue hilang. Dan sudah semestinya kita nggak menghina orang lain dengan segala penampilan fisik mereka. Cantik itu relatif banget, kayak julie estelle yang menurut gue cantik banget tapi banyak juga yang bilang mukanya ngebosenin. Cantik itu: percaya diri dan cantik hati, bukan cantik luarnya aja.
Maka dari itu, apa cantik itu kriterianya harus seperti itu :secara universal n menurut tudingan orang2? Ooow tentu tidak hhe… Jadi, satu hal yang baru aja gue tanamkan: CAUSE WE ARE AMAZING, GIRLS. JUST THE WAY WE ARE 

2 responses »

  1. dont you ever wish you were someone else..and dont you ever say you dont like the way you are….siapo itu nyanyinyo lupo..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s